Monday, July 26, 2004

Rahasia Danau Bola

Alangkah senangnya menonton anak kita bermain riang gembira di bola-bola warna warni yang ribuan jumlahnya itu. Mereka melompat dan menyelam seperti layaknya seorang penyelam profesional di lautan lepas. Tertawa-tawa dan berenang-renang kesana kemari. Bisnis yang menyenangkan. Mendapatkan uang dari kebahagian orang lain :) Tapi cerita kali ini bukan tentang mereka. Ini tentang sebuah usaha, bisnis dan kebetulan membutuhkan kemampuan menyelam.

Tersebutlah suatu tempat di dunia maya, Lakeballs.com alias danau bola. Namanya unik seunik usahanya, yaitu menjual bola golf. Keunikan itu bukan dari bolanya, tapi bagaimana mendapatkan bola2 itu... Yaitu dengan menyelam di kolam2 yang ada di lapangan2 golf di inggris.

Pada malam2 tertentu para penyelam bola akan menyiapkan pakaian selamnya, masker, kaki katak dan sebuah keranjang berbentuk jala untuk menampung bola. Mereka memarkir kendaraannya di tempat tersembunyi yang cukup jauh agar luput dari pengawasan satpam. Dengan pakaian selamnya mereka melompati pagar dan berjalan kaki ke setiap kolam yang ada disana.

Pakaian selam yang terbuat dari karet memang cukup membantu menahan masuknya air. Tapi suhu dingin tak dapat dihindari. Meski demikian oleh para penyelam pekerjaan ini dirasakan sangat menyenangkan. Sebab bila beruntung mereka bisa mengumpulkan bola yang cukup banyak untuk mendapat uang hingga 1000 dollar per malam!

Tak terbayang bagaimana sulitnya meraba dasar kolam untuk mencari bola golf yang besarnya tak lebih dari telur ayam kampung. Apalagi mereka sengaja tidak menggunakan alat penerangan. Kalau sedang sial, pak satpam bisa memergoki mereka lalu menangkap dan menyita bola-bola yang sudah mereka kumpulkan. Bagi para penyelam bola, mereka lebih baik meninggalkan bola daripada tertangkap tangan pak satpam. Repotnya tak terbayar. Toh ada begitu banyak kolam dan lapangan golf yang mereka bisa kunjungi.

Tak jarang mereka juga harus bersaing dengan penyelam yg berprofesi sama. Tapi hal tu tak terlalu menjadi masalah. Sebab tak banyak orang yang memilih pekerjaan ini. Lama-kelamaan mereka juga sudah saling mengenal dan berbagi jadwal mencari makan.

Memang kegiatan mereka kadang dirasakan mengganggu oleh pengelola lapangan golf. Tapi sebagian yang lain tak berfikir demikian. Ada juga yang secara resmi meminta jasa penyelam ini untuk mengumpulkan bola di kolam2 mereka. Kalau demikian para penyelam bisa bekerja santai. Tak perlu lagi kedinginan karena menunggu waktu larut malam.

Bola golf terdiri dari berbagai merk, kelas dan kualitas. Setelah dikumpulkan semuanya akan di cuci, dikeringkan dan dipilah2 berdasarkan kriteria tadi. Setelah itu bola siap dijual langsung ke penggemar olahraga mahal ini atau mereka jual ke penampung seperti Lakeballs.

Penyelam2 Lakeballs memang menjalani kehidupan diluar dari kebiasaan. Untuk sebuah pekerjaan yang bisa dibilang part time, mereka mendapatkan lebih dari cukup. Tapi pekerjaan tak selalu melulu uang. Kita perlu tantangan agar pekerjaan bisa menjadi permainan yang menyenangkan. Itulah sebabnya, mereka akan selalu berebut menyelam di lapangan2 golf yang termahal dengan pengamanan terhebat.

Ada2 saja....


Jakarta, 26 Juli 2004

No comments: