Wednesday, May 26, 2004

Again - Ttg Produk China

From: "listmanager_2"
Date: Fri Nov 14, 2003 10:33 pm
Subject: Again - Ttg Produk China



Kebetulan gw sering bersentuhan dgn bisnis hobi ikan hias.

Dari sekian banyak jenis ikan hias, yang dianggap rajanya ikan hias adalah Arowana.

Arowana ini semakin tua warnanya memang semakin bagus, setelah umur 7 tahun baru warnanya tampak baguus! Tapi nanti setelah lewat 20 tahun dia semakin sempurna.

Arowana ini ikan mahal. Bukan dari keindahan alaminya, tapi dari unsur Fengshuinya. Konon auranya sangat bagus dan cocok dgn manusia. Sehingga Lilian Too menyarankan untuk memelihara 5 ekor arowana bila ada yg memulai bisnis departemen store. Semakin besar arowana makin besar juga bisnis pemiliknya.

Arowana oleh karena itu dikenal luas sbg ikan hokie. Orang cina yakin bahwa ia adalah naga air. Bikin rejeki, juga bisa menolak bala. Anehnya arowana yang nama latinnya schleropages (terutama Formosus)tidak ada di China. Ikan ini asli Kalimantan dan semenanjung Malaysia.

Kebalikannya, Louhan. Ia mungkin bukan rajanya ikan hias, tapi kini nggak kalah populer dg Arowana. Harganya pun gila2an. Kalau rekor arowana di dunia mencapai US$200.000 di jepang. Di jakarta, rekor itu sudah dilibas oleh louhan.

Anehnya ada ahli fengshui yg menyatakan bahwa Louhan ini auranya kosong. Sehingga ada ahli fengshui yg khusus menangani pengisian aura ini. Kalo nggak salah si ahli ini tinggal di kelapa gading.

Bahkan kalau di kalangan hobiis ikan hias sendiri, booming Louhan dianggap hasil gorengan pedagang, kartel2 ikan gedean aja.

Namun itulah aneh tapi nyata. Ikan yg lahirnya dari mutasi genetik di Malaysia tahun 2000an ini dianggap bagian dari mitos China ribuan tahun lalu. Lebih aneh lagi pembelinya kebanyakan bukan orang China! Lihat aja pasar2 hewan di jakarta...

Meski begitu, banyak hobiis ikan yg lebih netral pandangannya. Katanya: "paling nggak Louhan udah menciptakan banyak pekerjaan utk mereka yang membutuhkan".

Gorengan atau bukan terserah anda menyikapinya :-p


No comments: