Wednesday, May 26, 2004

Ngebor, tapi bukan Inul

From: "listmanager_2"
Date: Tue Dec 9, 2003 3:59 pm
Subject: Ngebor, tapi bukan Inul


Crita soal usaha orang cari makan memang asik. Kerja kantoran memang banyak ceritanya, tapi soal usaha, banyak yang aneh2.

Kali ini crita tentang tetangga saya. Dia menantunya pak ustadz yg bimbing mushola RT. Orangnya hitam, berkumis tebal, tapi badannya nggak kekar, cenderung biasa2 aja. Dulu dia kerja serabutan, dari jadi tukang kayu, tukang batu, makelar dan bikin sumur.

Meskipun keliatannya mudah, gali sumur ada tekniknya. Gak bisa sembarang orang bermodal alat2 langsung gali dan nemu air. Biasanya mereka magang dulu di teman atau orang tua2 yang sudah lebih dulu nekunin gali-menggali ini.

Selain gali sumur, biasanya bisnis ini ada rembetannya. Yaitu ngebor pompa dragon, dan pasang serta perbaiki mesin air. Semua ditimba dari pengalaman dan arahan sang induk semang.

Pelanggannya biasanya orang2 yang baru bikin rumah atau juga kompleks perumahan. Apalagi jaman itu sekitar tahun 1980an daerah pinggiran baru dirambah orang jakarta. Banyak rumah2 baru dibangun. Dan Toko Material kebanjiran order.

Tahun bertambah tahun, Bang Juju, tetangga saya itu. Semakin pinter. Berkat tabungan dan ilmunya kini dia sudah bisa berdiri sendiri. Dengan tim nya. Dia membuka usaha ngebor air, entah itu sumur biasa hingga artesis. Kini dia juga udah membeli mesin bor artesis utk
pelanggan kelas atas dan usaha.

Musim kemarau panjang, selalu jadi panen raya bagi pengebor macam Bang Juju. Sekali ngebor sumur dalam bisa 10-15 juta. Sedang untuk sumur dangkal kalo nggak salah 400-500rb-an. Kalo lagi panen ngebor bisa sampe jam 12 malam. Pelanggan tersebar ke seluruh jabotabek.

Bagi si Abang yang bermodal ijasah SMP, rejeki segitu udah luar biasa. Sama sekali Tidak terpikir bahwa suatu saat bisa megang duit banyak apalagi sampai menggaji orang. Meskipun tidak langsung kaya mendadak, tapi sudah bisa lebih bersyukur.

Yah rejeki memang seperti air, bisa banjir, bisa juga surut keterpa kemarau panjang. Jadi jangan kelewat gembira kalo dapet banyak, jangan terlalu sedih kalo lg ditunda. Yang penting usaha terus...


No comments: